Tingkatkan Literasi Pengawasan, Bawaslu Kota Tangerang Gelar Ngabuburit Pengawasan Partisipatif

PenaKalam – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang menggelar Ngabuburit Pengawasan Partisipatif bersama Forum Pemuda Peduli Demokrasi di kawasan Kelurahan Tanah Tinggi. Hal itu dalam upaya meningkatkan literasi pengawasan pemilu pada Bulan Ramadhan 1444 H.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Agus Muslim mengatakan, Ngabuburit Pengawasan Partisipatif dalam konteks ini merupakan pendekatan langsung kepada masyarakat. Hal tersebut untuk memastikan dengan situasi hari ini menjelang perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Di kegiatan ini kita memiliki agenda yang menjadi tugas dan tanggungjawab Bawaslu. Kemudian kita dorong ke masyarakat terkait pengawasan partisipatif,” ucapnya usai kegiatan, Selasa (11/4/2023).

Agus menjelaskan, para pengawas pemilu memanfaatkan momen ngabuburit di bulan suci ini dengan melakukan pencegahan semaksimal mungkin. Dimana, menjelaskan secara rinci langsung kepada masyarakat apa saja yang nanti dikerjakan oleh Bawaslu.

“Dalam bahasan pengawasan ngabuburit untuk melakukan pencegahan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum dan saat masa kampanye. Nah ini bentuk hasil dari teman-teman pemuda Panwas kelurahan dan kecamatan, maka ini kita sambut untuk kemudian bersama masyarakat berpartisipasi pemilu nanti,” ujarnya.

Comment